Minggu, 12 Desember 2010

SEJARAH KAIN SASIRANGAN

SEJARAH KEBERADAAN KAIN SASIRANGAN
Oleh Tajuddin Noor Ganie, M.Pd

Kain sasirangan adalah sejenis kain yang diberi gambar dengan corak dan warna tertentu yang sudah dipolakan secara tradisional menurut citarasa budaya yang khas etnis Banjar di Kalsel.
Secara etimologis istilah sasirangan bukanlah kata benda sebagaimana yang dikesankan oleh pengertian di atas, tapi adalah kata kerja. Sa artinya satu dan sirang artinya jelujur. Ini berarti sasirangan artinya dibuat menjadi satu jelujur.
Kain sasirangan memang identik dengan kain yang diberi gambar dengan corak warna-warni berbentuk garis-garis jelujur yang memanjang dari bawah ke atas (vertikal). Sungguhpun demikian, istilah sasirangan sudah disepakati secara sosial budaya (arbitrer) kepada benda berbentuk kain (kata benda).
Pada mulanya kain sasirangan disebut kain langgundi, yakni kain tenun berwana kuning. Ketika Empu Jatmika berkuasa sebagai raja di raja di Kerajaan Negara Dipa pada tahun 1355-1362, kain langgundi merupakan kain yang digunakan secara luas sebagai bahan untuk membuat busana harian oleh segenap warga negara Kerajaan Negara Dipa.
Hikayat Banjar memaparkan secara tersirat bahwa di kawasan yang sekarang ini dikenal sebagai pusat kota Amuntai banyak berdiam para pengrajin kain langgundi. Keterampilan membuat kain langgundi ketika itu tidak hanya dikuasai oleh para wanita yang sudah tua saja, tetapi juga dikuasai oleh para wanita yang masih gadis belia. Paparan ini menyiratkan bahwa kain langgundi ketika itu memiliki pangsa pasar yang besar. Jika tidak, maka sudah barang tentu tidak bakal banyak warga negara Kerajaan Negara Dipa yang menekuninya sebagai pekerjaan utama.
Bukti bahwa di kota Amuntai ketika itu banyak berdiam para pembuat kain langgundi adalah paparan tentang keberhasilan Lambung Mangkurat memenuhi permintaan Putri Junjung Buih sebagai syarat kesediaannya untuk dijadikan raja putri di Kerajaan Negara Dipa.
Menurut Hikayat Banjar, Putri Junjung Buih ketika itu meminta Lambung Mangkurat membuatkan sebuah mahligai megah yang harus selesai dikerjakan dalam tempo satu hari oleh 40 orang tukang pria yang masih bujangan. Selain itu, Putri Junjung Buih juga meminta Lambung Mangkurat membuatkan sehelai kain langgundi yang selesai ditenun dan dihiasi dalam tempo satu hari oleh 40 orang wanita yang masih perawan.
Kata Putri Tunjung Buih :
“Aku tiada mau diam di dalam candi itu, karana bakas barhala. Sida manyuruh maambil batung batulis di gunung Batu Piring itu ampat kayu itu akan tihangnya. Buatkan aku mahligai tampatku diam. Jadikan sahari ini jua itu. Maka aku suruh parbuatkan tapih kuning, panjangnya tujuh hasta, libarnya tujuh kilan, buatkan jadi sahari ini jua akan tudungku naik ka mahligai itu. Anak dara ampat puluh yang mambuatnya itu, jangan orang yang sudah balaki.”
Sudah itu hari pun siang, sahut Lambu Mangkurat :
“Baiklah tuanku.”
(Ras, 1968 : Baris 725-735, Hikajat Bandjar)
Semua permintaan Putri Junjung Buih itu dapat dipenuhi dengan mudah oleh Lambung Mangkurat. Paparan ini menyiratkan bahwa di kota Amuntai ketika itu banyak berdiam para tukang pria yang masih bujang, dan para penenun wanita yang masih perawan. Jika tidak, maka sudah barang tentu Lambung Mangkurat tidak akan mampu memenuhi semua permintaan Putri Junjung Buih.
Pada hari yang telah disepakati, naiklah Putri Junjung Buih ke alam manusia meninggalkan tempat persemayamannya selama ini yang terletak di dasar Sungai Tabalong. Ketika itulah warga negara Kerajaan Negara Dipa melihat Putri Junjung Buih tampil dengan anggunnya. Pakaian kebesaran yang dikenakannya ketika itu tidak lain adalah kain langgundi warna kuning hasil tenunan 40 orang penenun wanita yang masih perawan.
Merujuk kepada paparan yang ada di dalam Hikayat Banjar (selesai ditulis tahun 1635), kain langgundi sebagai cikal bakal kain sasirangan sudah dikenal orang sejak tahun 1365 M. Namun, sudah barang tentu kain langgundi yang dibuat pada kurun-kurun waktu dimaksud sudah tidak mungkin ditemukan lagi artefaknya.
Menurut laporan Wulan (2006), kain sasirangan yang paling tua berusia sekitar 300 tahun. Kain sasirangan ini dimiliki oleh Ibu Ida Fitriah Kusuma salah seorang warga kota Banjarmasin (Tulah Mata Picak Tangan Tengkong, SKH Mata Banua Banjarmasin, Senin, 13 November 2006, hal 1 bersambung ke hal 13).
Konon, sejak Putri Junjung Buih mengenakan kain langgundi, maka sejak itu pula, warga negara Kerajaan Negara Dipa tidak berani lagi mengenakan kain langgundi. Mereka khawatir akan kualat karena terkena tulah Putri Junjung Buih yang sejak itu menjadi raja putri junjungan mereka. Akibatnya, para pengrajin kain langgundi tidak lagi membuatnya, karena pangsa pasarnya memang sudah tidak ada lagi.
Meskipun demikian, kain langgundi ternyata tidaklah punah sama sekali. Beberapa orang warga negara Kerajaan Negara Dipa masih tetap membuatnya. Kali ini kain langgundi dibuat bukan untuk dijadikan sebagai bahan pembuat busana harian, tetapi sebagai bahan pembuat busana khusus bagi mereka yang mengidap penyakit pingitan. Penyakit pingitan adalah penyakit yang diyakini sebagai penyakit yang berasal dari ulah para arwah leluhur yang tinggal di alam roh (alam barzah).
Menurut keyakinan yang sudah berurat berakar di kalangan etnis Banjar di Kalsel, konon para arwah leluhur itu secara berkala akan menuntut anak, cucu, buyut, intah, piat keturunannya untuk mengenakan kain langgundi. Begitulah, setiap satu, tiga, lima, dan tujuh tahun anak, cucu, buyut, intah, piat keturunannya akan jatuh sakit akibat terkena penyakit pingitan. Tidak ada obat lain yang dapat menyembuhkannya dari penyakit pingitan itu kecuali mengenakan kain langgundi.
Menurut keyakinan yang sudah berurat berakar di kalangan etnis Banjar di Kalsel, konon para arwah leluhur itu secara berkala akan menuntut anak, cucu, buyut, intah, piat keturunannya untuk mengenakan kain langgundi. Begitulah, setiap satu, tiga, lima, dan tujuh tahun anak, cucu, buyut, intah, piat keturunannya akan jatuh sakit akibat terkena penyakit pingitan. Tidak ada obat lain yang dapat menyembuhkannya dari penyakit pingitan itu kecuali mengenakan kain langgundi.
Kain langgundi yang dipergunakan sebagai sarana pelengkap dalam terapi pengobatan alternatif itu dibuat dalam berbagai bentuk sesuai dengan keperluan, seperti sarung (tapih bahalai), bebat (babat), selendang (kakamban), dan ikat kepala (laung). Corak dan warna gambar kain langgundi sangatlah beragam (tidak melulu bercorak getas dan berwarna dasar kuning saja), karena setiap jenis penyakit pingitan menuntut adanya kain langgundi dengan corak dan warna gambar tertentu yang saling berbeda-beda. Sejak dipergunakan sebagai sarana pelengkap dalam terapi pengobatan alternatif inilah kain langgundi lebih dikenal sebagai kain sasirangan. Nama ini berkaitan dengan cara pembuatan, yakni disirang (kain yang dijelujur dengan cara dijahit kemudian dicelup ke dalam zat pewarna).
Ketika masih bernama kain langgundi, kain sasirangan difungsikan sebagai kain untuk busana semua lapisan masyarakat di Kerajaan Negara Dipa, bahkan mungkin sejak zaman keemasan Kerajaan Nan Sarunai sebelum ditaklukkan oleh Empu Jatmika pada tahun 1355. Ini berarti fungsi kain sasirangan ketika itu (sebelum tahun 1355) merujuk kepada fungsi umum sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan jasmani seluruh warga negara.
Setelah Putri Junjung Buih, kemudian Pangeran Surianata, dan anak, cucu, buyut, intah, piat keturunannya berkuasa di Kerajaan Negara Dipa, kain langgundi hanya boleh dikenakan sebagai busana kebesaran para bangsawan kerajaaan. Rakyat jelata tidak berani mengenakannya sebagai busana harian karena takut terkena tulah Ini berarti fungsi kain sasirangan ketika itu (sesudah tahun 1335) merujuk kepada fungsi khusus sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan jasmani bagi para bangsawan kerajaan saja.
Fauzi (1993), memperkirakan sejak abad ke 14-15 kain sasirangan berubah status menjadi kain yang dikeramatkan dan disebut kain pamintan, yakni kain yang hanya dibuat berdasarkan permintaan dari anak, cucu, buyut, intah piat para bangsawan yang pengidap penyakit pingitan. Konon, diyakini tidak ada obat lain yang mujarab bagi para pengidap penyakit pingitan ini selain dari pada mengenakan kain sasirangan di kepala (ikat kepala, selendang), di perut (bebat), atau bahkan menjadikannya sebagai selimut tidur (sarung).
Menurut penuturan nenek Jumantan (72 tahun), seorang juru sembuh terkenal di kota Banjarmasin, para pasien penyakit pingitan yang datang berobat kepadanya tidak lain adalah orang-orang yang masih mempunyai hubungan pertalian darah dengan nenek moyang mereka yang dulu tinggal di Amuntai, Alabio, Kalua, dan Margasari (Wulan, 2006). Perlu dijelaskan bahwa kota-kota yang disebut-sebut nenek Jumantan adalah kota-kota yang dulu menjadi pusat pemukiman penduduk yang terbilang padat pada masa-masa jayanya Kerajaan Negara Dipa.
Patut diduga, nenek moyang para pasien nenek Jumantan tersebut tidak lain adalah anak, cucu, buyut, intah, piat dari 40 orang wanita perawan yang dulu berjasa membantu Lambung Mangkurat membuatkan kain langgundi yang diminta oleh Putri Junjung Buih. Ini berarti fungsi kain sasirangan sudah bergeser menjadi kain yang berfungsi khusus sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan rohani anak, cucu, buyut, intah, piat para bangsawan yang sedang mengidap suatu penyakit pingitan.
Perbedaan asal-usul geneologis nenek moyang antara anak, cucu, buyut, intah, piat keturunan bangsawan berdarah biru menuntut perlakuan yang berbeda dalam hal proses penyembuhan penyakit yang dideritanya. Proses penyembuhan penyakit yang diderita oleh anak, cucu, buyut, intah, piat keturunan rakyat jelata dapat dilakukan dengan cara-cara yang sederhana. Sekadar meminum air putih yang sudah diberi mantra-mantra atau do’a-do’a oleh para juru sembuhnya.
Sementara proses penyembuhan penyakit yang diderita oleh anak, cucu, buyut, intah, piat keturunan bangsawan sudah mengalami perumitan yang sedemikian rupa. Proses penyembuhan penyakit yang mereka derita harus dilengkapi dengan terapi mengenakan kain sasirangan yang harganya relatif mahal (tak terjangkau oleh rakyat jelata yang hidupnya pas-pasan alias senin kemis).
Paparan ini merupakan petunjuk bahwa kain sasirangan pada zaman dahulu kala pernah menjadi simbol status sosial di kalangan etnis Banjar di Kalsel. Kasus semacam ini masih terjadi hingga sekarang ini.
Rakyat jelata yang hidupnya miskin papa hanya diberi fasilitas pengobatan setara dengan dana yang tersedia dalam program asuransi kesehatan bagi rakyat miskin. Sementara itu para pejabat bahkan para mantan pejabat diberi fasilitas pengobatan yang terbilang istimewa dan dirawat di rumah sakit berkelas dengan dana ditanggung oleh negara (tidak beda dengan rakyat miskin, juga ditanggung negara, tapi jumlahnya tidak seberapaa).
Penggunaan kain dengan corak dan warna gambar tertentu sebagai penangkal datangnya penyakit, atau sebagai sarana terapi pengobatan alternatif atas suatu penyakit yang diyakini berasal dari alam gaib, ternyata bukanlah gejala sosial yang khas etnis Banjar di Kalsel saja. Sungguh, kepercayaan supertitious semacam itu merupakan gejala sosial yang bersifat universal di kepulauan nusantara.
Menurut laporan Halimi (2007), wanita Jawa yang tinggal di kota Probolinggo sengaja memakai batik bercorak Tulak Watu pada saat menjalani upacara adat tingkeben usia tujuh bulan masa hamil anaknya yang pertama. Tujuannya agar dirinya dan anak pertama yang dikandungnya tidak diganggu oleh roh jahat.
Di Tanah Batak, seorang wanita yang sedang hamil tua menerima pemberian ulos ni tondi dari orang tuanya. Pemberian ulos yang dipakai dengan cara diselendangkan itu dimaksudkan sebagai tanda simbolik bahwa orang tua yang bersangkutan telah memindahkan semua kekuatan magis yang ada padanya kepada anaknya yang sedang hamil tua itu. Tujuannya agar anaknya itu mampu menghadapi segala marabahaya yang siapa tahu bakal menimpanya pada masa-masa kritis di saat kehamilannya itu (Halimi, 2007).
Kain ikat ganda yang disebut gerinsing di Bali diyakini dapat menyembuhkan penyakit yang diderita oleh pemakainya. Berkaitan dengan keyakinan itulah, kain geringsing juga dikenakan oleh seorang gadis yang sedang menjalani upacara potong gigi. Tujuannya agar anak gadis yang bersangkutan tidak merasakan sakit yang berarti ketika giginya dipotong (Halimi, 2007).
Mitos asal-usul geneologis nenek moyang inilah yang membuat tidak sembarang orang di kalangan etnis Banjar di Kalsel berani menekuni profesi sebagai pembuat kain sasirangan. Menurut keterangan nenek Antung Kacil, siapa saja yang nenek moyangnya bukan keturunan bangsawan atau bukan keturunan pembuat kain sasirangan, akan kualat karena terkena tulah yang sangat menakutkan, yakni mata picak tangan tengkong (bahasa Banjar, artinya mata buta dan tangan mati rasa karena terkena stroke).
Tahun 1981, Ida Fitriah Kusuma dan kawan-kawan datang bertandang ke rumah nenek Antung Kacil, seorang juru sembuh yang menjadikan kain sasirangan sebagai sarana pelengkap terapi pengobatannya. Mereka sengaja bertandang untuk meminta kesediaan nenek Antung Kacil mengajarkan kiat-kiat membuat kain sasirangan.
Pada mulanya Antung Kacil tidak bersedia mengajarkan kita-kiat membuat kain sasirangan karena khawatir Ida Fitriah Kusuma dan kawan-kawan terkena tulah mata picak tangan tengkong, karena telah berani belajar membuat kain sasirangan secara tanpa hak sesuai dengan yang disyaratkan sejak zaman dahulu kala. Dalam hal ini, nenek moyang Ida Fitriah Kusuma dan kawan-kawan bukan keturunan bangsawan, setidak-tidaknya bukan keturunan pembuat kain sasirangan.
Tanpa maksud menantang bahaya, Ida Fitriah Kusuma dan kawan-kawan menyatakan siap menanggung tulah itu. Mereka yakin tidak akan kualat terkena tulah itu karena tujuan mereka belajar membuat kain sasirangan kepada Antung Kacil semata-mata didasari dengan niat tulus, yakni ikut melestarikan salah satu kekayaan budaya milik bersama etnis Banjar yang terancam punah. Akhirnya, hati Antung Kacil luluh juga. Apalagi setelah mengetahui bahwa Ida Fitriah Kusuma sesungguhnya juga seseorang yang berdarah bangsawan.
Setelah cukup lama menimba ilmu kepada Antung Kacil, Ida Fitriah Kusuma dan kawan-kawan akhirnya mampu membuat kain sasirangan secara mandiri. Pada tanggal 24 Juli 1982, Ida Firiah Kusuma sudah berani mengajarkan ilmu yang baru dikuasainya kepada ibu-ibu warga kota Banjarmasin yang berminat. Selepas pelatihan itu, yakni tanggal 10 Agustus 1982, mereka membentuk Kelompok Kerja Pembuat Kain Sasirangan Banawati (Wulan, 2006).
Kain sasirangan produksi mereka mulai diperkenalkan kepada khalayak ramai pada tanggal 27 Desember 1982. Ketika itu mereka menggelar peragaan busana kain sasirangan di Hotel Febiola Banjarmasin. Sambutannya sungguh luar biasa. Sejak itu kain sasirangan mulai dikenal luas oleh segenap anggota masyarakat di Kalsel.
Bak gayung bersambut, kata berjawab, Gubernur Kalsel Ir. HM Said kemudian mengeluarkan kebijakan mewajibkan para PNS mengenakan baju berbahan kain sasirangan pada setiap hari Jum’at (1985). Tidak hanya itu, para calon jemaah haji Kalsel juga diwajibkan mengenakan baju berbahan kain sasirangan pada saat upacara pelepasan keberangkatan mereka di Aula Asrama Haji Landasan Ulin Banjarbaru.
Tahun 1987, kain sasirangan dipamerkan di Departemen Perindustrian Jakarta. Ketika itu Prayudi, seorang perancang busana terkemuka, didaulat untuk merancang busana dari bahan kain sasirangan. Warna asli kain sasirangan yang didominasi warna gelap mulai diberi tambahan warna terang yang lebih beragam untuk lebih menarik minat para pembeli (Baldi, 1993).
Masih dalam rangka lebih memperkenalkan kain sasirangan kepada khalayak ramai di luar daerah Kalsel, pihak pemerintah daerah berinisiatif memberikan cinderamata kain sasirangan berkualitas istimewa kepada para pejabat tinggi sipil dan militer yang berkunjung ke daerah kalsel. Tidak kurang dari Bapak KH Abdurrahman Wahid Presiden Republik Indonesia masa bakti 2000-2003, tercatat sebagai tokoh nasional yang gemar mengenakan baju berbahan kain sasirangan.
Semakin lama, kain sasirangan semakin dikenal luas, hal ini merangsang para pengrajin untuk lebih giat lagi memproduksinya. Menurut catatan Baldi Fauzi (1993), pada tahun 1993 saja sudah tercatat 68 unit usaha pembuat kain sasirangan di kota Banjarmasin. Usaha kecil ini melibatkan tenaga kerja sebanyak 700 orang. Omset penjualan kain sasirangan ketika itu mencapai Rp. 98 juta per tahun (kain sasirangan, untuk Bergaya dan Penolak Bala, SKH Kompas Jakarta, 15 Agustus 1993).
Ini berarti, sejak tahun 1985 fungsi kain sasirangan sudah kembali menjadi kain yang berfungsi umum sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan jasmani seluruh warga negara sebagaimana yang dulu berlaku sebelum tahun 1355. Tidak lagi berfungsi khusus sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan rohani para pengidap penyakit pingitan.











DAFTAR RUJUKAN
Arukmasari. 2008. Warna dan Semiotika Desain. http://arukmasari.85.Files. Wordpress.Com/2008/02/Warna dan Semiotika.
Abdullah, Farid. 2003. Kain Ikat Celup dalam Ruang dan Waktu. Jakarta : PT Kompas Media Nusantara. Minggu, 17 Agustus 2003. http://64.203.71. 11/Kompas.Cetak/0408/27Tanah Air/1223349.htm
Banjarmasin Post. 1996. Kembalikan Sasirangan sebagai Kain Pamintan. Banjarmasin : PT Grafika Wangi Kalimantan. SKH Banjarmasin Post. Minggu, 15 September 1996.
Banjarmasin Post. 1996. Masih Belum sebagai Suatu Kebutuhan. Banjarmasin : PT Grafika Wangi Kalimantan. SKH Banjarmasin Post. Minggu, 15 September 1996.
Banjarmasin Post. 1996. Sasirangan Bermula Dari Tapih. Banjarmasin : PT Grafika Wangi Kalimantan. SKH Banjarmasin Post. Minggu, 15 September 1996.
Banjarmasin Post. 1996. Tak Sulit Memproduk yang Berkualitas. Banjarmasin : PT Grafika Wangi Kalimantan. SKH Banjarmasin Post. Minggu, 15 September 1996.
Banjarmasin Post. 1996. Tak Sulit Memproduksi yang Berkualitas. Banjarmasin : PT Grafika Wangi Kalimantan. SKH Banjarmasin Post. Minggu, 15 September 1996.
CM. 2000. Pedagang Harapkan Gus Dur Kembali Pakai Sasirangan. Banjarmasin : PT Grafika Wangi Kalimantan. SKH Banjarmasin Post. Jum’at, 26 Mei 2000.
Dharmojo. 2005. Sistem Simbol dalam Munaba Waropen Papua. Jayapura : Rewambonia Production. Cetakan I.
Djahar. 1997. Mencari Desain Khas Sasirangan. Banjarmasin : PT Grafika Wangi Kalimantan. SKH Banjarmasin Post. Minggu, 2 Maret 1997.
Djahar. 1997. Transpormasi Tak Habis-habis. Banjarmasin : PT Grafika Wangi Kalimantan. SKH Banjarmasin Post. Minggu, 2 Maret 1997.
Ebdi, Sadjiman dan Sanyoto. 2005. Dasar-dasar Tata Rupa dan Desain. Tis Desain.Com/tp.Warna http://www.tipsdesain.com/teori warna.html
Eka. 1997. Desain Utama Sasirangan Khas Kalsel. Ornamen Getas dan Bentuk Dasar Nenas. Banjarmasin : PT Grafika Wangi Kalimantan. SKH Banjarmasin Post. Jum’at, 28 Februari 1997.
Fauzi, Baldi. 1993. Dari Caculupan Sampai Sasirangan. Jakarta : PT Kompas Media Nusantara. SKH Kompas. Minggu, 15 Agustus 1993.
Fauzi, Baldi. 1993. Kain Sasirangan, untuk Bergaya dan Penolak Bala. Jakarta : PT Kompas Media Nusantara. SKH Kompas. Minggu, 15 Agustus 1993.
Halimi. 2007. Sekilas Sejarah Kain Tradisional Indonesia. Cirebon : Cirebon Glass Printing. Sunday, 16 December 2007. http://durian.19.arts.com/ index.php2.option. com.Cirebon
Ht, Gus, Ant. 1998. Produsen Sasirangan Terancam Gulung Tikar. Banjarmasin : PT Grafika Wangi Kalimantana. SKH Banjarmasin. Kamis, 12 Maret 1998.
Mardhika, Agus. 2007. Makna di Balik Warna, What Color Are You, Kanal : Gaya Hidup. http://www.wikimu.com/News/Displaysnews.
Seman, Syamsiar. 2007. Sasirangan Kain Khas Banjar. Banjarmasin : Lembaga Pengkajian dan Pelestarian Budaya Banjar Kalimantan Selatan. Cetakan I.
Sodikin, Amir. 2004. Pamintaan, Kain Pengobatan Banjar. Jakarta : PT Kompas Media Nusantara. SKH Kompas. Kamis, 17 Mei 2004.
Sodikin, Amir. 2004. Sasirangan dari Ritual Pengobatan ke Pentas Fashion. Jakarta : PT Kompas Media Nusantara. SKH Kompas. Kamis, 17 Mei 2004.
Wulan. 2006. Menelusuri Riwayat Kain Khas Banjar (2). Warna-warni Tapih Mayang Maurai. Banjarmasin : PT Cahaya Media Utama. SKH Mata Banua. Jum’at, 10 November 2006, hal 1 bersambung ke hal 15.
Wulan. 2006. Menelusuri Riwayat Kain Khas Banjar (3). Bermula dari Sebuah Rumah di Jalan Jawa. Banjarmasin : PT Cahaya Media Utama. SKH Mata Banua. Sabtu, 11 November 2006, hal 1 bersambung ke hal 15.
Wulan. 2006. Menelusuri Riwayat Kain Khas Banjar (4). Tulah Mata Picak Tangan Tengkong. Banjarmasin : PT Cahaya Media Utama. SKH Mata Banua. Senin, 13 November 2006, hal 1 bersambung ke hal 15.
Wulan. 2006. Menelusuri Riwayat Kain Khas Banjar (5). Ingin Dibuatkan Kain Sehari Semalami. Banjarmasin : PT Cahaya Media Utama. SKH Mata Banua. Selasa, 11 November 2006, hal 1 bersambung ke hal 15.
Wulan. 2006. Menelusuri Riwayat Kain Khas Banjar (7). Gus Dur Salah Seorang Kolekror Sasirangan. Banjarmasin : PT Cahaya Media Utama. SKH Mata Banua. Kamis, 16 November 2006, hal 1 bersambung ke hal 15.
Wulan. 2006. Menelusuri Riwayat Kain Khas Banjar (8). Sasirangan Membumi. Banjarmasin : PT Cahaya Media Utama. SKH Mata Banua. Jum’at, 17 November 2006, hal 1 bersambung ke hal 15.
Wulan. 2006. Menelusuri Riwayat Kain Khas Banjar (9). Motif Sasirangan Berpeluang Menembus Eropa. Banjarmasin : PT Cahaya Media Utama. SKH Mata Banua. Sabtu, 18 November 2006, hal 1 bersambung ke hal 15.
Wulan. 2006. Menelusuri Riwayat Kain Khas Banjar (10). Dicari! Pencipta Motif Sasirangan. Banjarmasin : PT Cahaya Media Utama. SKH Mata Banua. Senin, 20 November 2006, hal 1 bersambung ke hal 15.

10 komentar:

  1. Saya sudah menerbitkan buku berjudul Sasirangan, Kain Khas Tanah Banjar. Jika berminat bisa menhubungi saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ass, saya berminat dengan buku anda, berapa no telp bapak? saya juga berminat dengan laporan wulan.2006 "menelusuri riwayat kain khas banjar" dimana saya bisa dapatkan buku itu

      terima kasih

      Hapus
  2. asw....saya astrie,mahasiswi dr UNJ...saya sedang menggarap skripsi tentang kain sasirangan...

    saya ingin bertanya tentang keberadaan kain sasirangan yg paling tua tsb,,saat ini msh disimpan oleh ibu Ida Fitriah K, atau disimpan dmn?

    kalau bisa jg, saya ingin mengunjungi ibu Ida secara langsung..boleh kah saya tau dmn alamat ibu Ida?

    terimakasih

    BalasHapus
  3. Terima kasih atas perhatiannya terhadap tulisan saya. Namun, mohon maaf saya sendiri tidak tahu di mana alamat Ibu Ida Fitriah. Informasi dimaksud saya peroleh dari tulisan Atiet Wulandari.

    BalasHapus
  4. Bagaimana kalau saya kirimkan buku saya tentang Kain Sasirangan?

    BalasHapus
  5. assalamualaikum wr. wb.

    terimakasih pak atas balasannya..beberapa hr yg lalu saya menelpon bpk tp tampaknya bpk tdk membawa ponsel bpk..

    posisi saya saat ini berada di banjarbaru,,penelitian saya baru saja dimulai pak,, skrg sedang menuju bab III, tp pd bab II msh kurang lengkap.
    saya ingin sekali bertemu dgn bpk atau dgn bpk Syamsir Seman.. saya ingin konsultasi atau mendapatkan referensi buku lain dr bpk atau beliau tentang kain sasirangan yg lebih lengkap, sebelum saya melakukan kunjungan ke pengrajin kain sasirangan.

    saya sudah punya buku karangan bpk dan bpk Syamsir Seman..
    krn sblmnya skripsi ini milik tmn saya, tp krn ada suatu hal, dan kebetulan saya sdg tugas kuliah di BJB,,skripsi ini diserahkan pd saya..

    saya sudah keliling perpustakaan di banjarbaru dan bdn perpustakaan di banjarmasin..tp tdk menemukan refernsi buku yang lain.

    terimakasih banyak pak atas perhatiannya..

    BalasHapus
  6. Pak Tajuddin.. saya Shofia mahasiswi Univ. Indraprasta PGRI, saya juga sedang mengerjakan tugas akhir dan mengambil tema tentang kain sasirangan.
    Saya ingin bertanya, apakah informasi tentang sasirangan sudah banyak ada di Jakarta? ko sulit sekali menemukannya..?
    Sebelumnya terimakasih pak..

    BalasHapus
  7. Saya menduga buku-buku tentang kain sasirangan tak ada dijual di Jakarta. Tapi di internet saya lihat cukup banyak tulisan yang membahas tentang kain sasirangan. Terima kasih atas kiriman komentarnya di blog ini.

    BalasHapus
  8. Pak Tajuddin.. saya Shofia,
    Bagaimana caranya saya bisa mendapatkan buku yang bapak tulis?
    Kalau di Banjar, buku tentang Sasirangan ada banyak ya Pak?
    Makasih Pak Tajuddin..

    BalasHapus
  9. ass, saya berminat dengan buku anda, berapa no telp bapak? saya juga berminat dengan laporan wulan.2006 "menelusuri riwayat kain khas banjar" dimana saya bisa dapatkan buku itu

    terima kasih

    BalasHapus