Kamis, 30 Desember 2010

PUISI BANJAR GENRE LAMA BERCORAK PANTUN

Judul Buku : Puisi Banjar Genre Lama Bercorak Pantun
Pengarang : Tajuddin Noor Ganie, M.Pd
Penerbit : Rumah Pustaka Folklor Banjar
Tahun : 2010

Istilah pantun tidak ada padanannya dalam bahasa Banjar, sehubungan dengan itu maka istilah ini langsung diadopsi sebagai nama untuk fenomena yang sama yang ada di dalam khasanah puisi Banjar genre lama ini. Dalam definisi yang sederhana pantun Banjar adalah pantun yang dilisankan atau dituliskan dalam bahasa Banjar.
Definisi pantun Banjar menurut versi Tajuddin Noor Ganie, M.Pd (TNG) adalah puisi rakyat bertipe hiburan anonim atau nonanonim yang dilisankan atau dituliskan dalam bahasa Banjar dengan merujuk kepada konvensi umum menyangkut bentuk fisik dan bentuk mental pantun yang berlaku khusus di kalangan para penggubah puisi Banjar genre lama.
Sesuai dengan asal-usul etimologisnya yang demikian itu, maka pantun memang identik dengan seperangkat kosa-kata yang disusun sedemikian rupa dengan merujuk kepada sejumlah kriteria konvensional menyangkut bentuk fisik dan bentuk mental puisi rakyat anonim.
Khusus untuk pantun Banjar, sajak akhirnya tidak hanya berpola a/b/a/b sebagaimana yang berlaku pada pantun Melayu, tetapi juga berpola a/a (untuk pantun kilat atau pantun 2 baris), a/a/a/a, a/a/b/b, a/b/a/b, dan a/b/b/a (untuk pantun biasa dan pantun berkait atau pantun 4 baris).
Paparan informasi lebih lengkap tentang pantun Banjar bisa dibaca lebih lanjut dalam buku karangan TNG. Buku ini sendiri berasal dari bahan kuliah Sastra Banjar yang diberikan oleh TNG kepada para mahasiswanya di PBSID STKIP PGRI Banjarmasin sejak tahun 1997 yang lalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar